KILAS PANTURA

Jepang Garap Listrik Tenaga Panas Gas Buang Semen Indonesia

KILASJATENG.COM, REMBANG – Pemerintah Jepang mengagumi proyek pembangkit listrik tenaga panas gas buang di Indonesia. Proyek pengurangan emisi yang dibangun di plan site pabrik semen Indonesia Tuban itu bahkan menjadi terbesar di Asia Tenggara.

Proyek bernama Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) dibangun atas kerjasama Semen Indonesia dan JFE Engineering Jepang sejak 2014. Pembangkit listrik ramah lingkungan di empat line pabrik semen Tuban itu mampu menghasilkan daya listrik sebesar 30,6 megawatt.

“Proyek pemanfaatan gas buang untuk listrik ini menjadi terbesar di Indonesia serta Asia Tenggara. Cukup membanggakan karena industri semen ini cukup ramah lingkungan,” kata Direktur Engineering dan Proyek Semen Indonesia, Tri Abdi Satrijo saat kunjungan rombongan CEO Global Enviromental Center Jepang di Tuban, Selasa (27/2).

Pembiayaan mega proyek ini didanai melalui subsidi dai pemerintah Jepang sebesar US$ 11 juta melalui skema Joint Crediting Mechanism (JCM). JCM sendiri merupakan inisiatif pemerintah Jepang yang mendorong sejumlah organisasi swasta di Jepang untuk berinvestasi dalam pembangunan rendah karbon di Indonesia melalui insentif.

Rencananya, pembangkit listrik yang memanfaatkan panas terbuang dari pabrik semen itu beroperasi pada April 2018. Di pabrik Tuban, pemanfaatan gas buang sendiri akan mengurangi emisi CO2 sebesar 122.358 ton per tahun atau setara dengan penanaman 4.295 batang pohon trembesi seluas 96 hektare.

“Pohon trembesi ini kita ketahui sebagai pohon terbaik yang mampu meerap CO2 hingga 28,5 kg CO2 per tahun. Ini wujud komitmen kita untuk menjadi perusahaan ramah lingkungan,” katanya.

Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, Kunihio Suga, mengapresiasi kerjasama goverment to goverment antara pemerintah Indonesia di Jepang terkait proyek tersebut. Dari 112 proyek JFE Engineering Jepang di 17 negara, proyek penurunan emisi di pabrik Semen Indonesia Tuban merupakan yang terbesar.

“Ini jadi rekor yang belum terkalahkan. Semoga proyek kerjasama pemerintah Indonesia dan Jepang ini bisa sukses. Saya sudah melihat semua di lapangan, naik turun (pabrik) dan hasilnya bagus,” ujarnya.

Kunjungan rombongan pemerintah Jepang Global Enviomental Center Foundation Jepang ke plan site pabrik Tuban juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kedeputian Kerjasama Ekonomi Mulitlateral dan Pembiayaan Kemenko Perekonomian RI, Cahyadi. (Ryan Dwi)

 

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top