INTERNASIONAL

Nurhayati Ali Assegaf Dorong Komisi Tetap Palestina Kunjungi Yerusalem dan Gaza

Jakarta, liputan.co.id – Sebagai penggagas berdirinya Komisi Tetap Palestina pada the Parliamentary Union of OIC Member States (PUIC), DPR RI selalu menghadiri berbagai pertemuan PUIC dan terus memberikan masukan konstruktif bagi kemerdekaan rakyat Palestina.

Karena itu, delegasi Indonesia diwakili DR Nurhayati Ali Assegaf mendesak Komisi Tetap Palestina menunjukkan langkah-langkah nyata sebagai bagian dari dukungan penuh PUIC terhadap perjuangan rakyat Palestina.

“Pada sidang itu saya menyampaikan gagasan kunjungan anggota Komisi Tetap Palestina ke Al-Quds Al-Sharif (Yerusalem) dan Jalur Gaza. Saya tegaskan bahwa langkah tersebut sebagai komitmen dukungan penuh PUIC terhadap kemerdekaan Palestina,” kata Nurhayati, lewat rilisnya, Jumat (26/1/2018).

Gagasan kunjungan ke Yerusalem memicu polemik antar-anggota komisi. Sebagian mendukung penuh ide tersebut. Beberapa lagi menolak lantaran kunjugan itu dapat ditafsirkan pengakuan atas eksistensi negara penjajah Israel. Beberapa yang lain berargumentasi karena alasan teknis.

Terkait penolakan alasan teknis, Wakil Ketua BKSAP DPR RI itu bersedia mengajukan diri mengatur dan memimpin delegasi Komisi Tetap Palestina ke Al-Quds Al-Sharif. “Jika sekretariat PUIC berkeberatan mengatur kunjungan ke Yerusalem, saya bersedia dan siap memimpin serta mengatur keberangkatan delegasi ini ke sana,” tegasnya.

Terkait kunjungan ke Jalur Gaza, sebagian besar forum mendukung penuh gagasan Indonesia tersebut. Mereka meminta sekretariat PUIC memikirkan cara berkunjung ke Jalur Gaza yang masih terisolasi.

Delegasi Indonesia sendiri meminta bantuan Mesir agar membuka akses ke Jalur Gaza. “Mesir sebagai anggota PUIC diminta membuka akses ke Gaza,” pinta politikus Partai Demokrat itu.

Pada sidang itu, Nurhayati juga mendesak negara-negara anggota PUIC meningkatkan kerja sama bilateral dengan Palestina dalam sektor politik, sosial dan ekonomi. Ia juga mengingatkan kelompok rentan seperti anak-anak dan perempuan agar mendapatkan perlindungan yang memadai dari aksi-aksi terorisme Israel.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top