INTERNASIONAL

Kunjungan ke Swiss Donald Trump Disambut Demo Ribuan Orang

Beragam spanduk dan poster dibentangkan warga Swiss sebagai bentuk penolakan kedatangan Presiden AS, Donald Trump, yang akan menghadiri pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Zurich, pekan ini.

Aksi protes yang dilakukan ribuan orang ini digelar di jalan. Aktivis anti-kapitalis menyerukan demonstrasi di bawah slogan ‘Trump Not Welcome!’ dan ‘Smash WEF!’.

Trump dijadwalkan berbicara pada hari Jumat di pertemuan WEF di kota Alpine, Davos, sebuah pertemuan tahunan para pemimpin bisnis dan politik global.

Demonstran mengibarkan bendera dan membawa plakat anti-globalis serta lingkungan seperti ‘Tidak ada Trump, tidak ada batu bara, tidak ada gas, tidak ada bahan bakar fosil’ saat mereka bergerak menuju kawasan keuangan di Zurich itu.

Pengunjuk rasa di ibu kota Swiss, Bern, melakukan demonstrasi serupa pada 13 Januari. Pawai tersebut berlangsung damai, tidak seperti demonstrasi anti-WEF kekerasan di beberapa kota di Swiss yang diadakan pada awal tahun 2000-an.

Lebih dari 4.000 tentara Swiss telah ditugaskan untuk menjaga DAvos, di samping 1.000 petugas polisi. Zona larangan terbang juga dipasang untuk melindungi delegasi. (Metro/fjr)

Loading...

BERITA POPULER

To Top