KILAS SEMARANG

Festival Pengusaha Muda USM 2017 

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa saat ini menjadi persoalan yang memiliki rintangan bagi Perguruan Tinggi. Selain faktor mindset mahasiswa kebanyakan yang menginginginkan bekerja sebagai karyawan setelah lulus, motivasi untuk terjun sebagai wirausaha tampaknya butuh ditempa lebih kuat.

Oleh karenanya, Entrepreneurship Development Center Universitas Semarang (USM) menggagas kegiatan Festival Pengusaha Muda 2017 yang berlangsung di Auditorium Ir Soejatmoko, Selasa (20/12).

Dalam kegiatan ini dihadirkan tiga narasumber pelaku usaha yang sukses untuk memotivasi mahasiswa dengan memberikan tips tips memulai usaha.

CEO Rocket Chiken, Nurul Atik dalam sesi talkshow mengaku awalnya dirinya bekerja sebagai seorang office boy sebuah perusahaan. Namun dirinya mampu bangkit untuk berani terjun jadi wisarusaha dengan memanfaatkan pengalamannya bekerja di sejumlah perusahaan.

“Paling gampang ya pakai konsep ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi dalam usaha. Tidak perlu malu untuk mencontoh usaha yang sudah eksis namun kita perlu berinovasi dan menerapkan target konsumen yang tepat,” katanya.

Sementara itu, bagi mahasiswa yang ingin memulai usaha, Penggagas Young Entrepeneur School, Agus Manto, menyarankan kepada mahasiswa untuk aktif dalam komunitas kewirausahaan untuk menempa ilmu dan keterampilan dari para anggota komunitasnya.

Sejalan dengan pemikiran Agus Manto, dosen Psikologi USM Dr Mulya Virgonita menekankan pada motivasi diri dan kompetensi bagi pelaku wirausaha menghadapi persoalan dalam usaha.

“Bisnis Plan bisa dipelajari termasuk menempa keterampilan melalui orang orang yang sudah sukses itu menjadi cara yang tepat untuk belajar. Hanya saja tanpa motivasi diri yang kuat akan sulit menghadapi persaingan sehingga mental mahasiswa bisa up and down” ujarnya.

Selain talkshow dengan tema My Life’s  Entrepreneurs, Ketua Panitia Edi Nurwahyu juga mengagas expo produk mahasiswa USM. Empat produk yang ada bahkan telah mendapat pendanaan dari Kemenristekdikti melalui Program Kewirausahaan Bisnis Mahasiswa Indonesia.

“Harapannya agar para pengunjung yang mayoritas mahasiswa dapat belajar dari mereka yang dalam membuat Bisnis Plan hingga berhasil mendapatkan dana hibah dari pemerintah,” kata Edi Nurwahyu.

Tujuannya, lanjutnya, sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar menjadi wirausaha dengan berani memulai memasarkan produknya, paling tidak dilingkangan kampus terlebih dahulu.

“Disamping itu dengan mendatangkan narasumber yang kompeten sebagai pelaku usaha yang sukses, mahasiswa juga bisa menimba ilmu nyata dari kisah kisah mereka saat memulai dan bertahan dalam dunia usaha,” imbuhnya. (Art)

 

 

 

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top