GAYA HIDUP

Seberapa Banyak Cangkir Kopi untuk Cegah Kanker Liver? Simak Kata Pakar

Sebuah review atas studi gabungan antara peneliti Amerika dan Italia menyebutkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah moderat (3-5 cangkir sehari) dapat memangkas resiko seseorang terkena kanker liver hingga 40 persen dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Malahan semakin banyak kopi yang diminum, bunyi konlusi temuan itu, maka semakin tinggi perlindungan yang diberikan.

Bahkan, konsumsi kopi juga dikaitkan dengan menurunnya resiko seseorang terkena penyakit kronis seperti sirosis antara 25 hingga 70 persen.

Adapun pada konsumsi kopi yang rendah, memilki daya perlindungan antara 25 hingga 30 persen, sementara mereka yang sangat gemar mengkonsumsinya, resiko penyakit liver kronis menurun hingga 65 persen.

Hal ini, menurut temuan itu, terjadi akibat efek dari kombinasi kafein, senyawa organic bernama kahweol dan cafestol dan coffee oil yang ditawarkan minuman populer itu.

Laporan ini dikompilasikan oleh Institute for Scientific Information on Coffee dengan bantuan akademisi dan representasi asosiasi liver nasional dari tujuh negara di Eropa dan dibahas di University College London.

“Penyakit liver sedang mengalami lonjakan di Eropa dan penting bagi kita untuk mengerti bagaimana kopi, salah satu minuman populer di dunia ini, memberi efek pada penyakit tersebut,” kata Prof. Graeme Alexander yang memimpin pertemuan tersebut seperti dikutip dari Express.co.uk (16/11/2017).

“Penelitian menganjurkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan resiko penyakit liver dan penting bagi pasien untuk memiliki akses terhadap informasi gizi dan anjuran dari pakar kesehatan agar mudah dipahami dan bagaimana menyikapinya.”

(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top