KILAS SEMARANG

Nam Air Buka Rute Baru Penerbangan dari Semarang-Ketapang, Sampit dan Bandung

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Maskapai Nam Air, perusahaan penerbangan di bawah Sriwijaya Air Group membuka rute baru penerbangan dari Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang tujuan Ketapang, Sampit dan Bandung.

Penerbangan akan dilakukan setiap hari, menggunakan pesawat turboprop ATR 72-600 dengan kapasitas 72 penumpang. Penerbangan perdana dengan rute tesebut dilakukan pada Sabtu (18/11/2017).

Direktur Komersial NAM Air, Franky Gan menyampaikan, ketiga rute baru itu sudah dilakukan kajian sejak lama. Dimana kebutuhan akan mobilitas di ketiga daerah tersebut saat ini cukup tinggi namun belum terakomodir.

“Kami menargetkan 95 persen keterisian penumpang dari 72 kursi yang tersedia. Banyak warga Kalimantan dan Bandung menuju Semarang baik urusan bisnis maupun wisatawan,” ujarnya, disela Inagural pembukaan rute Semarang Ketapang, Sampit, dan Bandung, di Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang, Sabtu (18/11).

Dikatakan, jadwal penerbangan dari Semarang dimulai pada pukul 06.00 WIB menuju Ketapang. Selanjutnya pesawat terbang kembali ke Semarang pada pukul 09.50 WIB.

Dari Semarang, pesawat kemudian akan terbang menuju Sampit pada pukul 11.50 WIB dan kembali menuju Semarang pada pukul 13.45 WIB. Lalu dilanjut ke Bandung pukul 15.45 WIB dan kembali ke Semarang pada pukul 17.15 WIB.

“Ini hadiah buat Kota Semarang yang akan menyambut bandara baru dan mendekati liburan Natal dan Tahun baru. Sehingga dengan adanya transportasi penerbangan langsung ini diharapkan semakin memperpendek waktu perjalanan,” katanya.

Sementara Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Group, Agus Soedjono mengungkapkan, penerbangan dari Semarang ke kota-kota di Kalimantan Barat ini sangat penting mengingat hubungan antar dua daerah yang sudah terjalin dengan baik sejak dulu.

Nam Air menawarkan transportasi udara yang lebih cepat dan nyaman, agar mobilitas antar masyarakat di daerah tersebut semakin lancar sehingga bisa meningkatkan perekonomian daerah masing-masing.

“Banyak masyarakat Jateng yang melakukan berbagai aktivitas di Kalimantan dan begitu juga sebaliknya. Pola kekerabatannya sudah terbentuk sejak dulu, sehingga dengan adanya transportasi penerbangan langsung ini diharapkan semakin mempererat hubungan masyarakat di dua daerah tersebut,” ungkapnya.

Begitu pula penerbangan dari Semarang menuju Bandung PP, lanjutnya, akan menambah alternatif moda transportasi dari dua kota tersebut yang selama ini lebih banyak didominasi transportasi darat dan kereta api.

“Kami memberi alternatif transportasi dari Semarang ke Bandung PP dengan pesawat yang lebih cepat dan lebih nyaman, agar masyarakat bisa lebih banyak menggunakan waktunya di tempat tujuan daripada di perjalanan,” terangnya.

Agus menambahkan, Nam Air juga menambah frekuensi penerbangan dari Ketapang menuju Pontianak PP. Pesawat berangkat dari Ketapang menuju Pontianak pukul 07.50 WIB dan kembali dari Pontianak ke Ketapang pada pukul 08.55 WIB.

“Dengan adanya penerbangan lanjutan ini, para penumpang Nam Air dari Pontianak bisa meneruskan perjalanannya ke Semarang, Sampit dan Bandung dalam satu hari. Begitu juga dapat melakukan perjalanan dari Ketapang menuju Pangkalan Bun, Sampit dan Bandung melalui Semarang,” imbuhnya.

Selain kota-kota di atas, rute baru yang dilayani Nam Air adalah dari Sampit menuju Bandung melalui Semarang, serta dari Pangkalan Bun menuju Bandung melalui Semarang dalam satu hari yang sama. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top