KILAS SEMARANG

Kota Semarang Raih Penghargaan Natamukti

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Menjelang akhir tahun, Kota Semarang terus dibanjiri penghargaan dan mengukir prestasi. Setelah kemarin menerima penghargaan Swastisaba Wiwerda dari Menteri Kesehatan, kali ini giliran International Council for Small Busines (ICSB) Indonesia City Awards 2017 memberikan penghargaan Natamukti kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Penghargaan Natamukti ini diberikan kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi, karena Pemkot Semarang dinilai telah berhasil memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), baik secara nasional maupun internasional.

Penghargaan tersebut kerjasama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI dengan ICSB, diserahkan kepada Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang Ayu Entys di Bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/11).

Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang, Ayu Entys mengungkapkan, keberhasilan Kota Semarang di bawah pimpinan Walikota Hendi dalam meraih penghargaan Natamukti, tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dalam pengelolaan dan peningkatan kemajuan UMKM di Kota Semarang.

“UMKM di Kota Semarang menunjukan kemajuan serta memperlihatkan pertumbuhan dan minat dari kalangan masyarakat, karena tidak terlepas dari dukungan penuh dari pemerintah, akademisi dan para pelaku bisnis di Kota Semarang,” ungkapnya, Rabu (29/11).

Dikatakan, penghargaan Natamukti ini berhasil diraih oleh Kota Semarang karena dalam proses memajukan UMKM telah berhasil. Mulai dari segi membangun ekosistem UMKM, mendorong peningkatan kualitas produksi sampai pada memasarkan hasil produksi dari UMKM.

“Pengelolaan dari hulu sampai ke hilir UMKM ini lah yang dinilai meraih keberhasilan, sehingga kami bersyukur atas penghargaan yang diberikan dan akan terus berupaya tetap memajukan dan meningkatan produksi, kualitas sampai pada pemasaran  di tingkat nasional maupun dunia internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden of ICSB Indoensia Hermawan Kartaja mengatakan, penghargaan Natamukti tahun ini, berbeda dengan penghargaan Natamukti tahun sebelumnya. Kali ini, penghargaan diberikan dalam dua kategori yakni Natamukti dan Natamukti Nidya.

“Penghargaan natamukti diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya. Sedangkan penghargaan Natamukti Nindya diberikan kepada kabupaten/kota yang terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional,” katanya.

Hermawan menambahkan, bahwa ekosistem UMKM yang kondusif hanya dicapai dari kontribusi berbagai pihak, terutama pemerintah sebagai pendorong utama ekonomi lokal.

“Maka dari itu, kita berikan apresiasi kepada institusi Pemerintah Kota Semarang yang diharapkan bisa menjadi inspiratif kabupaten/kota lainya di Indonesia,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, selain dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indoneia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, acara ini juga merupakan rangkaian acara Edisi ke-2 Gebyar UMKM yang telah sukses diselenggarakan di 18 kabupaten/kota di Indonesia.

ICSB sendiri merupakan organisasi nirlaba internasional yang didirikan tahun 1955 bertujuan mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di seluruh dunia.

Organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh dunia yang berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya di bidang masing-masing.

Saat ini tercatat sebanyak 70 chapters di berbagai negara yang telah menjadi anggota, termasuk ICSB Indonesia sebagai salah satu afiliasi yang dibentuk tahun 2015 lalu. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top