GAYA HIDUP

Kaitan Antara Lingkungan Bising dengan Gangguan Kesuburan

Dalam artikel-artikel sebelumnya, sempat dibahas tentang beberapa hal yang dapat mengganggu kesuburan seseorang dan menghalanginya untuk mendapatkan keturunan.

Kebiasaan seperti begadang, kurang konsumsi ikam, gemar minum soda, stress, menaruh ponsel di kantung celana depan, juga akibat tidur dalam keadaan lampu menyala adalah beberapa di antaranya.

Sekarang, ada lagi penyebab lain yang menjelaskan mengapa Anda sulit mendapatkan ketulunan.

Menurut studi yang dirilis pada jurnal Environmental Polution, mereka yang terekspos pada suara bising dapat menambah resiko mereka menjadi mandul.

Studi yang melibatkan data lebih 206.000 pria subur di Korea Selatan itu menemukan bahwa mereka yang berada pada lingkungan bising akan lebih cenderung terkena gangguan reproduksi dibandingkan mereka yang tinggal di area yang tenang.

Malahan, pria yang terekspos pada tingkat kebisingan sebesar 55 desibel atau lebih, sebesar 14 persen memiliki kemungkinan terkena masalah ini.

Kondisi ini sendiri diduga ada kaitannya antara rendahnya kadar testosterone yang diproduksi tubuh akibat dari bisingnya lingkungan sekitar. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan temuan ini.

(ruf/fajar)

Loading...

BERITA POPULER

To Top