GAYA HIDUP

Beberapa Kondisi yang Menandakan Anda Kurang Gizi

Kekurangan gizi bukanlah masalah kesehatan sepele. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan masalah yang sangat serius.Sebab itu, menyadari betapa pentingnya fungsi gizi adalah hal yang wajib dilakukan.

Salah satu caranya agar terhindar dari kondisi ini  adalah dengan memperhatikan perubahan tidak wajar pada tubuh yang menandakan telah terjadinya defisiensi pada tubuh.

Berikut ini 5 ciri-ciri kekurangan gizi paling umum yang wajib dikenali seperti diambil dari Fit Hacker:

1. Gusi berdarah, mimisan dan bengkak pada sendi
Ini adalah akibat kekurangan vitamin C. Karena tubuh kita tidak memproduksi dan menyimpan vitamin C, sebab itu makanan yang menawarkan vitamin ini menjadi wajib untuk Anda konsumsi.

2. Bibir pucat
Bibir terlihat pucat adalah ciri dari kekurangan zat besi. Perlu Anda ketahui, banyak orang menderita anemia dan mudah lelah akibat kekurangan zat ini. Konsumsi makanan yang dianjurkan untuk mendapatkan manfaat zat besi adalah dark chocolate, spirulina, kismis, lentil dan bayam dan sayur-sayur berwarna hijau lainnya.

3. Kulit tubuh pucat
Jika sekujur tubuh terlihat pucat, kemungkinan adalah tanda dari kekurangan vitamin B12. Selain konsumsi daging, suplemen vitamin B12 juga dapat membantu mengembalikan kesehatan Anda.

4. Mata berkantung
Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kekurangan tidur, namun kekurangan idodin juga bisa menjadi penyebabnya. Batasi atau kurangi konsumsi garam Anda. Makanan yang dianjurkan untuk mengatasi kondisi ini adalah kelp, kefir, kacang navy dan lima, juga wakame.

5. Rambut kering
Pernahkah Anda merasa rambut memiliki tekstur yang kering dan berketombe. Anda mungkin kekurangan Biotin atau vitamin B7. Konsumsi kacang polong, walnut, biji bunga matahari, legume, alpukat dan jamur sangat baik untuk mengatasi kondisi ini.

(ruf/fajar)

Loading...

BERITA POPULER

To Top